Rabu, 11 April 2012

OSIS SMAN 3 PALOPO STUDI SEHARI DI KPP PRATAMA PALOPO

Satu program terobosan terbesar yang dihelat oleh Pengurus OSIS SMAN 3 Palopo bekerja sama dengan Komunitas Pecinta Akuntansi (KOMPAK) SMANET adalah Kunjungan Studi Sehari di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palopo yang bertajuk "TAX FOR TEENAGER" yang bisa diartikan bebas Pajak untuk Generasi Muda, yang berlangsung selama seharian pada Kamis, 5 April 2012 yang diisi dengan kegiatan ilmiah, Drama musikal dan penampilan 3 band dari siswa SMAN 3 Palopo.

Format acara ini sangat digemari oleh siswa SMA, selaian memberikan materi yang sangat bermanfaat bagi generasi muda, juga dikemas menarik dengan menyisihkan berbagai permainan (games) dengan hadiah yang menarik, acara yang berlangsung dari pukul 08.00 sampai pukul 12.45 Wita ini seakan-akan hanya sebentar saja, hal ini karena format acaranya menarik dan sesuai dengan karakter generasi muda sebagaimana ungkapan salah seorang peserta kegiatan ini (Arief Wijaya/ X-e) dan berharap acara serupa ditempat yang lain dapat digelar.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa belajar pelajaran IPS, maka salah satu hal yang bisa memotivasi mereka belajar, dengan menghadirkan program yang menarik, yaitu belajar sambil bermain dan langsung ke pusat sumber belajarnya, lalu mengapa memilih Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palopo?. Ada beberapa alasan pendukung yaitu 1) Materi perpajakan adalah salah satu materi pokok pelajaran Ekonomi di SMA, dengan datang langsung ke Kantor Pajak pengalaman dan motivasi anak makin bertambah, 2) Hampir setiap bidang kehidupan berkaitan dengan Pajak, misalnya tempat tinggal pelajar itu dikenakan PBB, penghasilan perusahaan dan WP Pribadi di sekitar tempat tinggal pelajar itu di pungut Pajak Penghasilan, begitu juga pentingnya pajak bagi kegiatan perekonomian, 3) Kepala Kantor Pelayanan Pajak Palopo sangat merespon baik kegiatan ini, dan berharap tidak hanya terbatas pada kunjungan sehari, melainkan bisa berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi seperti Workshop.

Sambutan baik dari  Bapak Kepala KPP Palopo ini luar biasa, semula kami hanya mengusulkan 40 orang, namun beliau tantang untuk menghadirkan peserta minimal 100 orang, alhasil lantai 3 KPP Pratama Palopo dipadati pelajar SMAN 3 Palopo hari itu dengan jumlah peserta 195 orang terdiri atas 5 orang Guru ditambah Kepala SMAN 3 Palopo Bapak Drs. Sirajuddin dan 189 Siswa dengan perincian 85 orang siswa kelas XI IPS, 60 Orang kelas X dan sisanya Pengurus OSIS SMAN 3 Palopo. Kami mewakili sekolah mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada Bapak Kepala KPP PRatama Palopo atas kesediaannya menerima kami dan memberikan materi yang sangat kami butuhkan itu.
Harapan kami ada lembaga lain yang membuka diri menerima kunjuangan kami berikutnya terutama sektor Perbankan dan Perusahaan Nasional.




Tidak ada komentar: