Sabtu, 23 Agustus 2014

SPM : Sekolah Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia

Sekolah Pasar Modal (SPM) yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan (KP) Makassar di gelar hari ini (Sabtu) 23 Agustus 2014 yang dihadiri oleh 30 peserta dari berbagai kalangan mualai dari remaja, pengusaha, dan akademisi. SPM level-1 yang berlangsung seharian ini dengan narasumber dari Pihak Bursa Efek Indonesia dibawakan oleh mas Irfan dan mas Fahmin, yang menggandeng salah satu perusahaan sekuritas yang telah memilki cabang di Kota Makassar yaitu  Mandiri Sekuritas, yang menghadirkan devisi edukasinya dari kantor pusat Jakarta yaitu mas Wahyu.
Beberapa informasi penting mengenai jenis-jenis pilihan invesatasi yang aman dan legal, serta memberikan ciri-ciri investasi yang bodong dengan ciri utama syarat akan keuntungan yang besar dan berganda, sebagai investor pemula dan awam, godaan pada trading yang tidak hati-hati akan memiliki risiko yang besar.
Langkah aman bagi investor pemula, sebaiknya berinvestasi dengan menggunakan fresh money atau dana yang menganggur, sebaliknya jangan menggunakan dana yang mendesak untuk digunakan seperti dana untuk cicilan rumah/mobil, uang SPP dan sebagainya, begitu pula dalam memilih jenis investasi jangan hanya tergoda akan keuntungan yang bakal didapatkan, tetapi cek juga risiko dan keamanannya.
Salah satu langkah aman adalah membeli saham pada perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dari sekian perusahaan itu pilihlah perusahaan blue chip, yang fundamentalnya bagus, dan hindari saham-saham yang mengandung spekulasi besar (saham gorengan)

Tidak ada komentar: