Senin, 20 Desember 2010

OLIMPIADE EKONOMI SMA 2010 FE-UI DEPOT


Tim KOMPAK SMAN 3 Palopo, tengah menyiapkan 2 tim mengikuti Economics Quiz, serta English Club SMAN 3 Palopo tengah menggenjot persiapan 1 Tim Economics Debate Competition, lomba ini melibatkan siswa se-Indonesia yang bakal dihelat pada tanggal 6-10 Februari 2011, adapun deskripsi kegiatan sebagai berikut :

ACARA INTI

1. Economics Quiz (EQ)
Lomba ini memiliki target peserta berjumlah 100 tim tingkat SMA/SMK dari seluruh Indonesia . Setiap sekolah maksimal mengirimkan 2 tim dimana setiap tim terdiri dari 3 orang. Economics Quiz diawali dengan seleksi regional yang dilakukan secara nasional yang dibagi dalam 4 regional dimana tiap regional akan diambil beberapa tim sekolah terbaik untuk mewakili regional tersebut sisa kuotanya akan dialokasikan untuk tim-tim terbaik berikutnya berdasarkan peringkat nasional keseluruhan. Seleksi akan dilaksanakan dengan pemberian 2 soal yang terdiri atas 1 soal Study Case dan 1 soal berupa soal Essay berbentuk analisis kepada para peserta. Peserta mengirimkan jawaban pertanyaan seleksi regional paling lambat tanggal 11 Januari 2011 cap pos dalam bentuk hardcopy dan dalam bentuk pdf. ke email KOMPeK 13. Dari sejumlah tim tersebut, akan dipilih 40 tim terbaik yang mendapatkan kesempatan untuk dapat mengikuti rangkaian lomba berikutnya di FEUI Depok. Pada hari ketiga, dari 40 tim tersebut akan dipilih 18 tim terbaik yang berhak untuk masuk ke babak quaterfinal. Setelah itu akan diperoleh kembali 9 tim terbaik yang akan dibagi ke dalam 3 grup di babak semifinal. Dari masing-masing grup akan dipilih tim-tim terbaik untuk mengikuti babak final yang memperebutkan juara 1, 2, dan 3.

2. Economics Debate Competition (EDC)
Economics Debate Competition KOMPeK 13 akan diikuti oleh 24 tim tingkat SMA/SMK dari seluruh Indonesia. Di era globalisasi dan demokrasi seperti saat ini, kemampuan akan berbahasa inggris, berpikir kritis, dan menyampaikan argumen merupakan suatu kemampuan yang penting agar dapat bersaing di tengah kompetisi global. Oleh karena itu, KOMPeK 13 mengadakan Economics Debate Competition yang diharapkan dapat membentuk pelajar-pelajar SMA/SMK yang tidak hanya handal
dalam berbahasa Inggris dan juga memiliki daya pikir yang kritis.

3. Business Challenge (BC)

Business Challenge merupakan salah satu cabang lomba dari KOMPeK 13 yang telah ada sejak KOMPeK 11. Business Challenge merupakan suatu perlombaan yang ditujukan untuk memberikan semangat kewirausahaan bagi para pelajar. Setelah mengikuti Business Challenge, diharapkan para siswa/i mempunyai semangat lebih untuk berwirausaha dengan mengembangkan ide-ide bisnis mereka untuk merespon tantangan dari lingkungan mereka. Pada Business Challenge, para siswa/i dapat menunjukkan kemampuannya dalam membuat rencana bisnis, di mana terdapat empat cakupan besar yang akan dilihat yaitu 4P’s yang terdiri dari segi Product, Price, Place (pemilihan tempat pemasaran produk), serta Promotion. Selain itu peserta dapat menunjukkan kemampuan mereka dalam merespon perubahan dan peluang-peluang yang hadir di lingkungan sekitar mereka dan menuangkannya dalam bentuk ide-ide bisnis. Business Challenge terdiri dari 2 tahap perlombaan, yakni tahap seleksi dan final. Tahap seleksi merupakan tahap pembuatan outline business plan. Sedangkan tahap final merupakan tahap perlombaan yang akan diikuti 5 tim terbaik dari tahap seleksi dimana mereka akan mengikuti tahap perbaikan dan presentasi Business Plan serta tahap Business in Action.

4. Economics Research Paper (ERP)

Dalam perlombaan Economics Research Paper ini, peserta akan diminta untuk menyusun karya tulis yang berisikan riset dan analisis atas permasalahan ekonomi terkini yang disesuaikan dengan tema dan dikumpulkan paling lambat tanggal 11 Januari 2011 cap pos dalam bentuk hardcopy dan dalam bentuk pdf. ke email KOMPeK 13. Lima tim dengan karya tulis terbaik akan diundang untuk berkompetisi dalam rangkaian perlombaan yang diselenggarakan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia untuk memperebutkan gelar juara. Dengan mengikuti perlombaan ini, para peserta diharapkan dapat membantu Indonesia dengan memberdayakan seluruh potensinya dalam mengembangkan ekonomi pariwisata
sebagai sesuatu kekuatan yang bisa diandalkan. Adapun tema yang diangkat dalam Economics Research Paper (ERP) tahun ini adalah “Developing Indonesia’s Tourism Economy for Global Competition”.

ACARA PENDUKUNG
• KOMPeK Gathering
KOMPeK Gathering merupakan sebuah acara yang bertujuan sebagai acara penyambutan bagi seluruh peserta dan guru pendamping KOMPeK 13 yang akan mengikuti kompetisi di FEUI. Acara ini sekaligus bertujuan untuk mengakrabkan seluruh peserta KOMPeK 13, baik yang berasal dari Jabodetabek dan luar Jabodetabek selama beberapa hari kedepan. Gathering ini bertujuan bukan hanya untuk mempererat hubungan antar peserta, namun juga antara peserta dengan seluruh panitia. Oleh sebab itu, panitia berharap agar peserta dari Jabodetabek juga dapat menghadiri gathering tersebut. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan para peserta dan guru pendamping kepada masing-masing staff Liaison Officer.
Adapun waktu dan tempat akan dijelaskan sebagai berikut :
hari : Minggu, 6 Februari 2011
jam : 14.00 – 16.20 WIB
tempat : Aula penginapan

• Opening Ceremony
Opening Ceremony merupakan acara resmi pembuka dari KOMPeK 13. Sebagai kompetisi ekonomi berskala nasional yang sudah diadakan ke-13 kalinya, maka acara pembukaan (Opening Ceremony) ini dirancang sedemikian rupa untuk membentuk kesan formal yang elegan dan mewah. Dalam acara ini, akan dihadiri oleh Dekan FEUI sebagai pihak yang secara resmi akan membuka rangkaian kompetisi ini.
Adapun waktu dan tempat akan dijelaskan sebagai berikut :
hari : Senin, 7 Februari 2011
jam : 08.00 – 08.45 WIB
tempat : Ruang Auditorium Soeria Atmadja FEUI

• Talkshow
Talkshow ini merupakan bagian dari rangkaian acara pendukung (side events) dari KOMPeK 13 yang diharapkan akan dapat memberikan value added baik bagi seluruh peserta maupun guru pendamping. Tema yang akan diangkat dalam talkshow kali ini adalah ”Pemberdayaan Industri Pariwisata sebagai Katalisator Pembangunan Ekonomi Indonesia”. Tujuan kami mengangkat tema tersebut adalah karena pariwisata merupakan salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat didunia. Saat ini, pariwisata sebagai penghasil devisa negara Indonesia menduduki peringkat kedua sesudah migas (minyak dan gas bumi). Di waktu yang akan datang, pariwisata, sebagai suatu industri diproyeksikan akan menjadi “primadona” penghasil devisa negara, menggantikan kedudukan migas yang saat ini perannya cenderung semakin menurun. Selain itu tujuan kami lainnya adalah untuk membuka pikiran, terutama bagi para siswa-siswi, bahwa pariwisata Indonesia tidak kalah dengan negara lain. Perlu diketahui, Indonesia memiliki beribu-ribu area pariwisata yang sangat indah, bahkan menjadi tujuan utama wisatawan mancanegara. Dengan berkembangnya industri pariwisata, maka rakyat juga turut serta meningkatkan devisa negara yang berarti turut menambah nilai PDB Indonesia. Oleh karena itu, dengan adanya informasi dan pengetahuan yang diperoleh dari talkshow ini, para siswa-siswi maupun guru dapat menyadari akan pentingnya peran pariwisata sebagai peluang yang harus dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia sehingga dapat memberikan kontribusinya secara riil terhadap pengembangan industri pariwisata Indonesia.
Adapun waktu dan tempat akan dijelaskan sebagai berikut :
hari : Senin, 7 Februari 2011
jam : 09.00-10.30 WIB
tempat : Ruang Auditorium Soeria Atmadja FEUI

pembicara : - Prof. Rhenald Kasali, Ph.D / Prof Dorodjatun K. D ./ Drs. H. Oka A. Yoeti, MBA (Ekonom)
- Ir. Jero Wajik S.E. / Drs. Wardiyatmo, MSc (Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata)
- Artika Sari Devi / Angelina Sondakh / Zivana Letisha Siregar (Puteri Indonesia)

• KOMPeK Journey
KOMPeK Journey merupakan sebuah acara yang bertujuan mengajak peserta KOMPeK 13 melihat secara langsung salah satu contoh nyata pariwisata Indonesia sesuai dengan tema yang panitia usung, yaitu “Melihat Pariwisata Indonesia Lebih Dekat”. Pada KOMPeK Journey ini, peserta akan diajak mengunjungi beberapa area di Taman Mini Indonesia Indah, seperti Museum Indonesia, Sasana Kriya, dll. Selain itu, peserta juga akan mendapat penjelasan secara langsung dari pihak Taman Mini Indonesia Indah. Dengan melihat kondisi yang sebenarnya, para peserta diharapkan memperoleh value added berupa bekal ilmu dan pengetahuan yang lebih nyata sehingga dapat merasakan manfaat dari tema besar KOMPeK 13 secara menyeluruh. Hal tersebut merupakan salah satu tujuan dari diadakannya KOMPeK Journey.
Adapun waktu dan tempat pelaksanaanya sebagai berikut :
hari : Senin, 7 Februari 2011
jam : 11.30-15:00 WIB
tempat : Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

• Training KOMPeK
Training KOMPeK merupakan training yang diselenggarakan bagi para guru pendamping. Sesuai dengan tema besar KOMPeK 13 “Awakening the Tourism Economy”, salah satu side-event dalam KOMPeK 13 ini merupakan suatu tambahan nilai (value added) bagi guru-guru pendamping tersebut agar dapat turut menghidupkan pembangunan ekonomi pariwisata sekarang ini. Selain itu, training ini juga bertujuan untuk mengisi kekosongan waktu para guru pendamping yang sedang menunggu siswa-siswinya berkompetisi. Training ini akan dibagi menjadi dua sesi. Tema yang akan diangkat pada sesi pertama Training KOMPeK 13 yaitu “Membangun Antusiasme Siswa-Siswi dalam Pengembangan Potensi Diri”. Melalui sesi ini, para guru akan diberi penjelasan tentang bagaimana cara menstimulasi siswa-siswi agar sadar akan potensi yang dimilikinya dan peduli akan pengembangannya. Sesi kedua dari Training KOMPeK 13 bertemakan “Mendorong Kontribusi Generasi Muda Indonesia bagi Industri Pariwisata”. Pada sesi ini, guru-guru akan diberikan sejumlah kasus atau bahan untuk didiskusikan dan dipresentasikan sehingga mereka juga dapat menstimulasi murid-muridnya untuk berperan aktif dalam pariwisata.
Adapun Training KOMPeK 13 akan diselenggarakan pada :
hari : Selasa, 8 Februari 2011
jam : 09.30 – 11.00 WIB (sesi 1)
13.00 – 14.30 WIB (sesi 2)
tempat : Ruang Tritura FEUI
pembicara : - Arief Rahman Hakim/ Arif Munandar (sesi 1)
- Ayuda D. Prayoga/Sauki (sesi 2)

• Presentasi Fakultas
Presentasi Fakultas yang diadakan dalam KOMPeK 13 bertujuan untuk memperkenalkan FEUI kepada para peserta dan guru pendamping. Didalam acara ini akan diberikan informasi-informasi umum seperti sejarah umum FEUI, program-program yang ada di FEUI, prestasi-prestasi yang telah diraih oleh FEUI, peraturan umum FEUI, dan beasiswa yang terdapat di FEUI. Dalam Presentasi Fakultas ini, setiap jurusan yang ada di FEUI juga akan dibahas. Presentasi Fakultas ini akan dibawakan oleh pihak Dekanat FEUI. Selain itu, acara pendukung yang akan diikuti oleh seluruh peserta dan guru pendamping ini juga akan dimeriahkan oleh mahasiswa-mahasiswi berprestasi FEUI tiap jurusan. Para mahasiswa berprestasi ini akan menceritakan bagaimana kehidupan perkuliahan yang sangat berbeda dengan kehidupan sekolah. Selanjutnya juga akan diceritakan tentang pengalaman-pengalamannya selama berkuliah, kiat-kiat untuk sukses dalam kuliah, dan hal-hal lainnya seputar perkuliahan di FEUI. Mereka akan tergabung dalam talkshow yang diselenggarakan seusai Presentasi Fakultas oleh Dekanat FEUI.
Adapun Presentasi Fakultas akan diselenggarakan pada :
hari : Selasa, 8 Februari 2011
jam : 15.15 – 16.15 WIB
tempat : Ruang Auditorium Soeria Atmadja FEUI

• Tour Around FEUI (TAFE)
Tour Around Fakultas Ekonomi akan mengenalkan FEUI secara geografis kepada peserta-peserta KOMPeK 13. Dengan adanya acara ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi para peserta untuk lebih mengenal FEUI, sehingga para peserta dapat melihat kampus ini baik dari segi fisik maupun kualitas yang ditawarkan sebagai tempat tujuan melanjutkan pendidikan dari jenjang sekolah menengah ke perguruan tinggi.
Adapun TAFE akan diselenggarakan pada :
hari : Rabu, 9 Februari 2011
jam : 15.15 – 16.15 WIB
tempat : Fakutas Ekonomi Universitas Indonesia

• Closing Ceremony
Closing Ceremony merupakan acara yang paling dinanti-nantikan dari rangkaian kompetisi ini. Acara Closing Ceremony adalah acara puncak KOMPeK 13 karena dalam acara ini para peserta menantikan pengumuman pemenang dari setiap cabang perlombaan yang ada dalam KOMPeK 13. Penutupan acara KOMPeK 13 secara resmi akan disampaikan oleh Dekan FEUI.
Adapun Closing Ceremony akan diselenggarakan pada :
hari : Kamis, 10 Februari 2011
jam : 16.10 – 17.30 WIB
tempat : Ruang Auditorium Soeria Atmaja FEUI

Tidak ada komentar: